Senin, 09 Oktober 2017

Intisari kegiatan Kelas

Resume Materi :

Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing 

Aktivitas bisnis dalam dunia pemasaran sudah tidak asing lagi. Namun untuk mengingatkan kembali bahwa yang dimaksud bisnis dalam dunia pemasaran adalah aktivitas pencarian keutungan melalui kegiatan menjual barang dan jasa yang memberikan pemenuhan kebutuhan para konsumen. 

Sedangkan strategi bisnis adalah cara-cara atau metode-metode yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan atas persaingan yang terjadi di dalam setiap bisnis utamanya. 

Pembahasan berikutnya kenapa perusahaan melakukan pesaingan ? 
Perusahaan melakukan persaingan tiada lain adalah upaya untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Adapun caranya dengan memposisikan merek di hati pelanggan. 

Perusahaan melakukan persaingan di dorong oleh berbagai kekuatan seperti berikut
lima komponen kekuatan pendorong terjadinya persaingan :
1. pesaing industri yang sama 
2. adanya produk pengganti 
3. hadirnya pendatang baru 
4. daya tawar pembeli 
5. daya tawar pemasok 

Yang menunjukkan adanya persaingan dapat dilihat dari dimensi-dimensi berikut. 
1. Dimensi Cost 
2. Dimensi Quality 
3. Dimensi Service 
4. Dimensi Flesxibility 

Nah... dari dimensi ini dapat diuraikan kepada faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing. 
Terjadinya persaingan antar perusahaan tentu ada faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah : 
- Lokasi 
- harga 
- Layanan 
- Kualitas 
- Inovasi 


IS / 2017